Informasi Lengkap Tentang Kopi Luwak yang Harus Kamu Tahu

Kopi luwak merupakan salah satu jenis kopi asli Indonesia yang dikatakan sebagai kopi termahal di dunia saat ini. Bayangkan saja, kalau biasanya kita meminum kopi di Coffee shop dengan harga Rp 20.000, 00 per cangkirnya, untuk satu cangkir kopi luwak, kita perlu merogoh kocek hingga 200 ribuan. Itu baru di Indonesia, toh nyatanya di luar negeri harga 1 cangkir kopi luwak bisa mencapai 1 juta per cangkirnya.


Sejarah kopi luwak
Menurut artikel di wikipedia, sejarah kopi luwak bermula ketika zaman penjajahan Belanda dulu, dimana pemerintah belanda membangun perkebunan kopi di Indonesia. Penduduk lokal dilarang memetik kopi yang ditanam, namun mereka penasaran dan ingin merasakan kopi tersebut. Nah, pada saat itu mereka menemukan sejenis musang kelapa (luwak) yang hobi memakan kopi di perkebunan Belanda itu, setelah diteliti ternyata kotoran luwak itu masih berbentuk biji kopi yang tidak hancur.


Para penduduk lokal Indonesia kemudian mencuci dan memproses kopi luwak yang mereka temukan dari sisa kotoran luwak itu, dan ternyata rasanya enak. Kabar tentang kenikmatan kopi luwak ini kemudian menyebar ke telinga para kompeni Belanda, dan sejak saat itulah kopi luwak mulai dikenal dan menjadi salah satu kopi terbaik di dunia.

Kisaran harga kopi luwak di pasaran
Menurut informasi yang ada di hargakopiluwak.org, kopi luwak robusta dihargai Rp 500.000, 00 per kilogram, sedang kopi luwak Arabika : Rp 800.000, 00/kg. Namun untuk kopi luwak liar yang didapatkan petani dengan memunguti sendiri kotoran luwak liar, harganya lebih mahal berkisar antara 200-300 ribu.

Sebelumnya saya pernah membaca salah satu penjual kopi luwak di toko online luar negeri yang membandrol harga hingga $100/250gram, yang artinya harga kopi luwak di luar negeri bisa lebih mahal berkali-kali lipat ketimbang yang ada di Indonesia.

Kenapa kopi luwak mahal harganya?
Tentunya banyak pertanyaan yang muncul terkait harga kopi luwak di pasaran, beberapa alasan yang membuat kopi luwak harganya sangat mahal diantaranya adalah :
  1. Kopi luwak diperoleh dengan cara manual menggunakan bantuan hewan luwak, hewan itu bukan mesin jadi mereka tidak bisa dipaksa untuk menghasilkan banyak kopi berkualitas itu
  2. Luwak tidak mau memakan kopi berkualitas rendah, hal ini yang membuat produksi kopi luwak sangat minim dan merupakan produk yang sulit didapatkan
  3. Perbandingan antara kopi yang disediakan untuk luwak dan kemudian dimakan menghasilkan kopi luwak berkisar 1:1.000, bisa dibayangkan berapa banyak yang tidak bisa dijadikan kopi luwak
  4. Kopi luwak memiliki kadar kafein yang sangat kecil, hanya 0,5% saja. Sedangkan kopi biasa mencapai 2%, inilah yang membuat kopi luwak aman diminum oleh para penderita diabetes maupun jantung
  5. Proses pembuatan kopi luwak di dalam perut luwak terjadi secara alami, sehingga kopi yang dihasilkan sulit untuk ditiru dengan mesin canggih sekalipun
  6. Hukum ekonomi berlaku untuk kopi luwak, permintaan banyak dan stok sedikit, sama dengan harga melambung tinggi
  7. Kopi luwak katanya bisa dijadikan sebagai obat loh, karena kopi ini mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh
Negara mana saja yang dijadikan tujuan ekspor kopi luwak Indonesia
Menurut kabar yang beredar di internet, negara-negara Eropa dan Amerika sangat menyukai kopi luwak karena mereka penasaran dengan rasa dan harganya. Negara-negara yang banyak mengimpor kopi luwak diantaranya adalah China, Jepang, Korea, Belanda, German, Inggris, Italia, dan AS.


Fakta gelap dibalik pembuatan kopi luwak
Ada beberapa artikel, gambar, serta video yang beredar di internet tentang penyiksaan yang dilakukan petani demi mendapatkan kopi luwak. Dengan adanya informasi ini, banyak dari penjual kopi luwak di Eropa yang kemudian tidak mau menjualnya lagi terkait isu penyiksaan ini.

Banyak aktivis pecinta hewan yang kemudian memaksa petani kopi luwak yang mengurung luwak agar tidak melakukan kegiatan penyiksaan itu lagi. Hal ini membuat banyak pengusaha yang merugi karena kolega mereka di luar negeri memutuskan kontraknya. Namun hal ini bisa ditangani dengan cara manual kembali, yaitu menggunakan hanya luwak liar dan tidak mengurungnya di kandang, meski lebih sulit dan hasilnya sedikit, namun harga yang baru lebih mahal dan menguntungkan petani yang menggunakan teknik manual ini.

Beberapa informasi lain menyebutkan kalau kopi gajah di Thailand memiliki harga yang lebih mahal ketimbang kopi luwak, namun berita ini tidak begitu ramai dan sepertinya kurang diminati oleh penikmat kopi di dunia. Saat ini banyak pengusaha Indonesia yang sukses dengan bisnis kopi luwak miliknya, mereka biasanya menginvestasikan lahan perkebunannya untuk ditanami jenis kopi arabika dan robusta, serta membiarkan luwak memakan kopi mereka untuk diambil kotorannya.

Kopi luwak adalah sebuah produk kenamaan dunia yang berasal dari Indonesia, namun dibalik kesuksesan kopi luwak menembus pasar luar negeri, tentunya ada pihak-pihak yang mencoba menjatuhkannya. Kita tentu harus menjaga dengan baik salah satu aset asli Indonesia ini.

0 Response to "Informasi Lengkap Tentang Kopi Luwak yang Harus Kamu Tahu"

Post a Comment

wdcfawqafwef